PUJI SUTRISNO, Jr.

Kakang kawah adi ari-ari

Kalimat kakang kawah adi ari-ari tidak asing lagi bagi pendegaran orang jawa, kakang yang berarti kakak atau saudara tua, adi yang berarti adik atau saudara muda. Dalam cakupan kalimat ini adalah merupakan proses kelahiran seorang bayi atau orok di muka bumi ini. Proses normal seorang ibu pada proses persalinan adalah yang pertama air kawah (banyu kawah) yang kedua bayi (jabang bayi) dan yang tiga adalah ari-ari.

Mitos orang jawa tentang kakang kawah adi ari-ari ini sangat kental sekali, pada hal-hal tertentu dan upacara-upacara adat masih disebut-sebut. Makna yang terkandung pada kalimat itu merupakan pengakuan secara spiritual bawah manusia lahir di dunia ini tidak sendirian dan selama dalam proses kehidupan masih selalu di dampingi sesuatu yang maya (kasat mata).

Menurut kepercayaan yang ada di masyarakat jawa tentang ini belum ada yang mendukung secara ilmiah tetapi pengkultusan tentang kakang kawah adi ari-ari ini sangat mendalam, sebagai contoh kasus kecil,

” Relegius jaman dahulu orang ¬†jawa kalau anaknya (bayi) sakit panas membaca mantera yg berbunyi //….kakang kawah adi ari-ari ne ponang jabang bayi si alip (nama bayi) tak jaluk kuasamu supoyo cepet mari, ojo di bedho, ojo di ganggu ……..cepet mari soko kersaning gusti Allah SWT.//”

masih banyak lagi mantera jawa yang sering digunakan kaitannya dengan kakang kawah adi ari-ari.

Dalam kaitan ini kita sebagai manusia diminta untuk selalu intropeksi diri dan selalu berhati hati dalam segala tindak tanduk dan ucapan yang kita keluarkan, karena kita selalu diikuti oleh adik dan kakak kita.

Kalau kita akan pelajari  lebih dalam lagi mengenai kakang kawah adi ari-ari ini akan memberikan manfaat yang banyak bagi kita. Segala sesuatu yang akan terjadi pada kita sebelumnya akan di diberitahukan oleh Kakang kawah kita berupa sinyal-sinyal khusus pada tubuh kita. Dan sesuatu yang sedang dan telah terjadi akan ditemani dan diingatkan oleh adi ari-ari kita. (mohon maaf makna kias yang kongkrit).

1 Response to "Kakang kawah adi ari-ari"

pak…bagaimna cara untuk mempelajari kakang kawah adi ari-ari??? tlg di emailkan ke email saya….terimakasih….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • dasilan margono: matur nuwun peparingipun.
  • winita: klo kta sering digangu hal gaib apa bisa d pake baca huruf jawa nya terbalik biar anak kecil ngak d ganggu roh orang yg sudah meninggal...
  • winita: klo kta sering di ga

Kategori

Arsip

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: